Camera Control Unit (CCU)

 


Di TVRI Nasional, saya bekerja dengan suatu alat yang disebut dengan Camera Control Unit atau sering disebut dengan CCU.
CCU merupakan alat yang mengontrol kualitas gambar yang ada dilayar, mengatur kualitas gambar yang diambil oleh kamera.

Pada CCU terdapat beberapa bagian , diantaranya :
- Wave Form yang berfungsi sebagai patokan kita unutk mengontrol iris dan black level.
- Iris yang berfuyngsi untuk mengatur terang atau gelapnya gambar
- Black level yang berfungsi untuk menghatur tipis atau tebalnya gambar
- RGB (Red, Green dan Blue) untuk nge-painting pewarnaan gambar
- CC untuk memunculkan star
- ND yang berupa filter mengatur pencahayaan
- Gamma digunakan jika gambar dengan posisi yang black light

dan masih banyak bagian-bagian yang terdapat di alat CCU ini. Mungkin kesempatan kali ini belum bisa saya jelaskan, karena terlalu banyak hehehe


Sebelum on air, ada proses yang dilakukan yaitu "balancing".  Kamera-kamera yang digunakan harus di "white balance dan black balance" trelebih dahulu untuk menyesuaikan warna antara kamera satu dengan yang lainnya. Jadi, jika kita menggunakan 4 kamera , maka kita harus melakukan black dan white balance terlebih dahulu dan hasilnya harus sama (semua kamera yang akan digunakan harus mendapatkan kesetaraan warna yang sama). Ketika dua hal tersebut selesai dilakukan, maka kita sebagai opeatror hanya mengontrol "Iris dan Black Levelnya" saja ketika acara berlangsung (on air).
Selain melakukan balancing, ada beberapa hal yang harus di check terutama posisi iris yang ada di kamera, pastikan dalam posisi "auto" karena jika masih manual , maka control di CCU tidak akan berfungsi. Kemudian pada saat balancing, pastikan nilai colour temperature sesuai dengan lighting yang digunakan sehingga hasil yang di dapatkan maksimal.

Ketika ada problem seperti warna dari semua kamera yang digunakan ada yang tidak sama , maka harus dilakukan white balance ulang. Jika dirasa telah melakukan balancing dengan baik dan berulang , maka bisa adjust RGB nya, dimana kita bisa bermain dengan warna sehingga bisa mengatur warna pada kamera yang berbeda. Ini hanya dilakukan dalam keadaan terpaksa, karena sebaiknya RGB itu dalam keadaan central/menghadap lurus keatas  (tidak di adjust). Karena pada saat balancing posisi tombol RGB harus dalam keadaan central.
Ohy, saya lupa sebelum balancing, tidak hanya RGB yang harus diperhatikan, tetapi black level harus dalam posisi "0" dan iris pada umumnya dalam  keadaan "5.6"

Initnya kualitas gambar yang anda lihat di televisi salah satunya tergantung pada operator CCU yang  bertugas saat itu :)

Jika ada beberapa pertanyaan bisa comment dibawah dan saya akan mencoba untuk menjawab pertanyaan yang bisa saya jawab ..




0 Comments