Penyakit Menular Hepatitis

Assalamualaikum semuanya...


Hari ini saya akan berbagi mengenai "Hepatitis".

Saya yakin, hampir seuma orang tau tentang penyakit ini. Disini saya akan sedikit membahas tentang sejarah dan penyebabnya. Sebelumnya saya akan memberikan pengertian tentang Hepatitis
Hepatitis adalah peradangan hati yang disebabkan oleh virus hepatitis. Ada 5 jenis virus hepatitis: A, B, C, D, dan E. Karakteristik dari masing-masing jenis ini berbeda, maka dari itu gejala dan pengobatannya juga beragam.







1. Sejarah Hepatitis
   Hepatitis diyakini merupakan jenis virus dari periode sebelumnya dimana penyakit tersebut akan berpengaruh pada fungsi organ hati dan menyebabkan kulit jadi menguning atau jaundice dengan menimbulkan gejala penyakit kuning. Sejarah penyakit hepatitis terjadi antara tahun 1800 sampai awal 1900 dimana sepasang varietas sudah di identifikasi sebagai semacam serum atau semacam virus.
     Pada tahun 1963, terdapat terobosan signifikan yang berhasil di identifikasi sebuah virus yakni hepatitis B [HBV]. Sesudah 10 tahun kemudian, ditemukan juga penyakit hepatitis menular lainnya dimana merupakan endemik [HAV] dan pada tahun 1989 ditemukan virus hepatitis C [HVC]. Sedangkan hepatitis D [HDV] sudah terjadi sejak tahun 1990. Pada tahun 1990 juga ditemukan virus hepatitis E [HEV] dan pada tahun 1995 ditemukan hepatitis G [HGV] yang sudah diidentifikasi, sedangkan untuk virus hepatitis f [HFV] serata virus transmisi [TTV] juga diperkirakan namun tidak terbukti dengan baik.
     
Jenis hepatitis yang banyak diketahui orang-orang adalah hepatitisa A dan hepatitis B, maka dari itu saya akan menjelaskan sedikit mengenai sejarah hepatitis A dan hepatitis B.

A. Hepatitis A
   Sejarah penyakit hepatitis A sudah ditemukan sejak ribuan tahun yang lalu dan dikenal sebagai penyakit kuning yakni pada abad ke-5 SM di Babilonia yang terlihat dari gejala penyakit hepatitis A. Hipocrates yang merupakan seorang tabib Yunani pada tahun 460 menemukan jika penyakit kuning tersebut merupakan penyakit menular. Di tahun 752, Paus Zaccharias menemukan jika beberapa bentuk penyakit kuning yang infeksius bisa menular sehingga dinamakan dengan icterus infectiosa. Semenjak antara tahun 1820 hingga 1892, sudah lebih dari 50 epidemi hepatitis A tercatat di wilayah Eropa yang kemungkinan besar terjadi pada masa peperangan. Pada tahun 1912, Cockayne menamakan hepatitis infectiosa tersebut untuk membentuk penyakit kuning yang menular yang mengganggu fungsi hati sebagai alat ekskresi. Pada tahun 1923, Blummer berhasil meringkas secara sempurna penyakit tersebut berdasarkan analisa dari 63 epidemic jaundice di Amerika Serikat antara tahun 1912 sampai 1923. Sedangkan dalam observasi berikutnya terdapat eksistensi 2 bentuk utama virus hepatitis yakni enfectious hepatitis dan juga serum hepatitis.

 B. Sejarah Hepatitis B
      Sejarah penyakit hepatitis B yang merupakan salah satu penyakit hepatitis paling berbahaya yang merupakan mikro organisme terkecil ini bisa melewati saringan kuman dan oleh Beijerinck dinamakan dengan contagium vivum fluidum. Virus ini juga memiliki tropisma tertentu, virus neurotropik, virus pneumotropik, virus dermatotropik, virus viscerretropik dan juga virus pantritropik. Virus ini merupakan jenis mikroorganisme paling kecil yang pernah ditemukan dan umumnya tidak bisa dilihat dengan memakai mikroskop biasa kecuali poxvirus. Ukuran virus ini beragam sekitar 300 x 250 x 100 nm sampai parvoirus yang kira – kira berdiameter 20 nm. Viru ini menjadi penyebab dari penyakit pada manusia dan juga hewan yang bisa ditularkan dari satu orang ke orang lain dan berlangsung secara cepat.

2. Penyebab Hepatitis
Penyakit hepatitis paling sering disebabkan oleh virus, adapun penyebab dan cara penularannya adalah sebagai berikut.
a.      Hepatitis A virus (HAV) menyebar melalui tinja orang yang terinfeksi dan yang paling sering ditularkan melalui konsumsi air atau makanan yang terkontaminasi. Perilaku seksual tertentu juga dapat menyebabkan penularan.
b.   Hepatitis B virus (HBV) ditularkan melalui kontak dengan darah orang yang terinfeksi, air mani, dan cairan tubuh lainnya. HBV dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi kepada bayi pada saat lahir. Penularan juga dapat terjadi melalui transfusi darah dan produk darah yang terkontaminasi, suntikan yang terkontaminasi selama prosedur medis, dan melalui penggunaan suntikan narkoba berganti-gantian.
c.   Hepatitis C virus (HCV) sebagian besar ditularkan melalui paparan darah dan seperti paa penularan hepatitis B.
d.     Hepatitis D Virus (HDV) infeksi hanya menyerang pada mereka yang terinfeksi HBV. Infeksi ganda HDV dan HBV dapat mengakibatkan penyakit yang lebih serius dan hasil yang lebih buruk.
e.    Hepatitis E virus (HEV) sebagian besar ditularkan melalui konsumsi air atau makanan yang terkontaminasi. HEV merupakan penyebab umum dari wabah hepatitis




3. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Penyakit Hepatitis

a.            Lingkungan Fisik.
Faktor ini dapat berupa : Septik tank yang digunakan, dan juga kebersihan sanitasi makanan dan minuman (tidak mengandung kuman dan bakteri serta tidak mengandung bahan yang berbahaya).
b.            Cara penanganan makanan yang baik.
Pemilihan bahan baku makanan juga sangat penting misalnya makanan tersebut harus bersih dan segar.
c.             Kebersihan Air Minum
Air minum yang sehat mempunyai berbagai syarat seperti : jernih, tidak berbau, tidak berwarna, tidak berasa dan bebas dari kuman, oleh karena air juga merupakan tempat pembiakan kuman tertentu.
d.            Sumber Mata Air
Adapun yang dimaksud dengan penyehatan air adalah pengamanan dan penetapan kualitas air untuk berbagai kebutuhan dan kehidupan manusia, dalam kaitannya dengan hal tersebut selayaknya air bersih yang digunakan selain memenuhi syarat kualitas untuk kebutuhan kesehatan.
e.      Faktor pelayanan kesehatan Medical Care Service) juga mempengaruhi tinggi rendahnya derajat kesehatan.

Untuk point c dan d tentang air minum, bisa dibuka kembali di potingan saya sebelum-sebelumnya yang pernah membahas tentang “Karakteristik Air”.

Semoga bisa bermanfaat J


0 Comments