Crew Dibelakang Layar TV






Di postingan kali ini, saya akan berbagi tentang alat-alat ataupun siapa saja crew-crew dibelakang layar saat sedang berlangsungnya proses on air di dalam studio di stasiun televisi.

Baiklah, akan saya mulai saja....
Jadi ketika suatu acara, baik berita , musik ataupun acara olahraga ada banyak orang yang terlibat dalam mensukseskan jalannya acara tersebut. Tapi saat ini saya akan membahas orang-orang dan alat-alat yang ada di dalam studio dulu yaaa..

1.      PD (Program Director) dan Assistant PD : Ialah orang yang bertanggung jawab dalam mengarahkan acara, mulai dari pemilihan gambar, mengarahkan sususan acara yang telah dibuat dalam rundown, hingga mengarahkan anchor/host.
2.      TD (Technical Director) : Ialah orang yang bertangggung jawab untuk memastikan semua alat di dalam studio dalam kondisi baik. TD harus mengetahui semua alat yang ada di dalam studio.
3.      FD (Floor Director): Ialah orang yang berada di dalam strudio (bukan di control room) , dimana membantu mengarahkan host/anchor ataupun bintang tamu.
4.      Cameraman : Ialah orang yang bertugas mengambil gambar dengan perpaduan yang apik. Alatnya adalah camera
5.      Video Engineer : Ialah orang yang bertanggung jawab menata gambar, mulai dari terang gelapnya gambar hingga perpaduan dan keselarasan  warna yang diambil oleh setiap camera. Alatnya adalah CCU (Camera Control Unit).
6.      Switcher : Ialah orang yang bertanggung jawab untuk memadukan gambar. Jadi pergantian camera yang on air itu diswitch/dikendalikan oleh switcher dimana berdasarkan arahan dari PD. Alatnya adalah Video Mixer.
7.      Playout : Ialah yang bertanggung jawab dalam menampilkan visual-visual, bridging  ataupun tune .
8.      VTR : Playout dan VTR adalah orang yang sama, tetapi pada moment-moment tertentu hanya ada salah satunya yang digunakan. Misalnya jika dalam studio berita hanya ada playout, jika dalam proses rekaman hanya ada VTR.
9.      Audio : Ialah orang yang bertanggung jawab untuk mengontrol suara, baik itu suara dari achor/host ataupun dari playout. Tidak hanya itu, audio juga bertanggung jawab dengan  perangkat suara yamng digunakan seperti clip on ataupun mic. Alatnya adalah audio mixer.
10.  Character Generator : Ialah yang bertanggung jawab atas tulisan-tulisan yang muncul di televisi (saat on air), baik itu nama-nama anchor/host, bintang tamu, tema maupun tulisan berjalan.
11.  Telepromter : Ialah yang bertangggung jawab atas teks berjalan yanga ada dicamera untuk dibaca oleh news anchor, biasanya hanya ada di studio berita.
12.  Redaksi : Ialah orang yang bertangggung jawab menghubungi Live Cross yang akan masuk saat berita berlangsung.
13.  Maintenance : Ialah orang yang standby di setiap studio untuk menangani jika terjadi masalah saat sedang berlangsungnya acara, karena jika adalah masalah mereka bisa bergerak cepat menyelesaikannya sehingga acara tidak terganggu kelancarannya.
14.  Pengelola Studio : Ialah orang yang bertanggung jawab menyiapkan semua alat-alat ataupun dengan kata lain mempersiapkan studio sebelum semua crew datang.

Diantara yang telah saya sebutkan diatas, ada juga beberapa orang yang standby di dalam setiap studio, baik itu studio berita , musik ataupun rekaman. Diantaranya adalah : produser, asisten produser.

Ohiya, saya hampir lupa, dimana saya akan menyebutkan sekilas. Diatas telah saya katakan bahwasannya dalam keberlangsungan suatu acara banyak crew yang terlibat, tidak hanya di dalam studio saja tetapi diluar studio, yaitu seperti IT dan MCR (Master Control) yang memiliki tugasnya masing-masing.

Perlu kalian ketahui, dalam menyiarkan suatu acara , kami mengemban tanggung jawab yang luar biasa, dimana kadang ada-ada saja masalah yang datang. Bagi kebanyakan orang (seperti saya dulu), tidak perrnah tahu bahwasannya sangat sibuknya kami para crew di salam studio ataupun diluar studio saat berlangsungnya acara-acara yang besar terutama masalah berita/politik yang menghadirkan orang-orang besar, dan juga saat breaking news bencana.
Jadi, yang trerlihat di depan layar baik-baik saja , kita dibalik layar penuh dengan kecemasan, degdegan dan penuh harapan serta do’a agar acara bisa berlangsung dengan lancar.

Mungkin sharingnya sampai sini dulu, guys dan tetap jangan lupa dukung terus stasiun  televisi kita yang menjunjung tinggi nilai-nilai NKRI, yang tayangannya mengandung content mendidik dan tidak mengandung hoax...


Semoga bermanfaat dan silahkan comment J

0 Comments