Kewajiban Menutup Aurat (Muslimah)






Surat al-Ahzab ayat 59

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Artinya :
"Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang".

Ayat diatas telah menjelaskan bahwa Allah سُبْحَانَهُ وتَعَالَى memerintahkan kita para wanita muslimah untuk mengenakan hijab (menutup aurat).
Jadi, menutup aurat ataupun menggunakan hijab adalah KEWAJIBAN seorang muslimah.
Banyak sekali hal baik ataupun manfaatnya ,, diantaranya :
1. Sebagai identitas
    Hijab merupakan identitas agama islam bagi para wanita. Pernahkah kalian menyadari hal ini:
Jika seorang wanita tidak berhijab tetapi beragama Islam bertemu dengan orang lain yang baru dikenalnya dan ditemuinya. Kemudian orang tersebut pasti akan bertanya terlebih dahulu apa agama wanita tsb untuk mengetahui identitas nya. Tetapi itu tidak berlaku untuk seorang muslimah dengan hijabnya, orang yang baru dikenalnya tersebut akan langsung tau apa agama seorang muslimah tsb tanpa harus bertanya.

2. Terhindar dan Menghindarkan dari Dosa
    Dengan menjalankan perintah-Nya, setidaknya kita telah menghindari satu dosa yang besar. Dengan menutup aurat, kita juga Menghindarkan ayah, abang dan adik (saudara laki-laki) kita dari dosa dan siksa neraka karena kita tidak menutup aurat.

3. Lebih Terhormat
    Menutup aurat didepan orang-orang yang bukan mahramnya dapat mencegah hal-hal negatif, seperti pelecehan karena kita "menyembunyikan" diri kita sesungguhnya yang bisa memancing nafsu orang/laki-laki. Contoh sederhananya :
Jika kita berjalan tanpa hijab didepan banyak cowok, pasti dipanggil/digoda seperti ini :
" Piwiit,, cewek kenalan yuk" atau menggoda dengan kata-kata apalah gitu. Tapi, jika Kita berhijab mereka akan menyapa kita dengan kalimat berbeda, yaitu
"Assalamualaikum, mbak" .

Sebenarnya masih banyak lagi manfaatnya, 3 diatas hanya segelintir dari yang bisa Saya jelaskan. Sebenarnya itu juga dari pengalaman pribadi sih. Ngomong-ngomong pengalaman pribadi ini, Saya punya cerita sedikit, semoga bisa membuka hati dan pikiran teman-teman muslimah yang belum melaksanakan kewajiban dengan menutup aurat.
Cekidot......!!

Saat kuliah sekitar semester 3 atau 4 (Saya lupa) , saya dan dua teman saya ikut les ,, yaaah bisa dibilang bukan tempat les sih , tapi sepert tempat sharinglah , namanya "English Library". Disana banyak orang asing (bule) nya , baik dari Amerika maupun negara-negara lain. Waktu itu Saya belum mengenakan hijab, jadi singkat cerita kami bermain dan berkenalan dengan 2 bule cantik dari Amerika. Saat itu (awalnya) Kita biasa-biasa saja, main tanya jawab eeh nggak lama tuh bule (lupa namanya) nanya ke saya tentang agama Saya apa ? Otomatis Saya Jawab dong,, Saya Islam. Kemudian tuh bule nanya lagi, kenapa Saya tidak menutup aurat seperti kedua teman saya ? Apakah Islam seperti itu ??
*Duuum" hati saya seperti dibom sama penjajah (agak lebay yaaa, tapi itulah nyatanya). Perasaan saya jadi bingung, sedih mau Jawab apa. Disitu saya merasa telah melalaikan sebuah perintah dan kewajiban saya, dan disitu juga saya merasa agama saya dipandang "gimana" gara-gara saya. Akhirnya saya menjelaskan sayalah yang salah karena melalikan sebuah keharusan dalam agama saya.
Moment itu juga menjadi salah satu semakin kuatnya saya untuk segera menutup aurat saat itu.

Itulah singkatnya sebuah cerita yang bisa saya bagikan buat kalian. Semoga kalian bisa mengambil hikmahnya sendiri yaa,, guys :)

Saya juga sekarang masih banyak belajar, Yuk kita sama-sama belajar :)

0 Comments