Proses Pembuatan Ammonia PUSRI-IV



PABRIK AMMONIA


Pabrik Ammonia di PUSRI IV berfungsi untuk menghasilkan ammonia dari bahan baku gas alam, udara, dan steam. Ammonia ini nantinya akan digunakan sebagai bahan baku di Unit Urea, sebagian lagi dijual ke pihak luar. Selain ammonia, juga menghasilkan CO2 sebagai hasil samping, yang juga digunakan di Unit Urea.


Bahan baku pada pembuatan ammonia terbagi menjadi dua, yaitu :
1. Bahan baku utama : gas alam, air dan udara.
2. Bahan baku penunjang : hidrogen dan katalis.

PT. Pusri menggunakan proses Kellog Design dalam proses pembuatan ammonia. Tidak hanya menghasilkan ammonia, unit ini juga menghasilkan CO2 yang dibutuhkan pada pembuatan urea. Pabrik ammonia umumnya terdiri dari enam tahap antara lain:
1.      Unit feed treating (pengolahan gas umpan)
       Proses ini terbagi menjadi : Penyaringan (pemisahan partikel padat), Pemisahan senyawa belerang anorganik, Pemisahan air (Dehidrasi), Pemisahan hidrokarbon berat (heavy hydrocarbon), Penyerapan gas karbondioksida (feed gas CO2 removal), Pemisahan senyawa belerang organik, Saturator (penjenuhan gas metan dengan air).



2.      Unit produksi gas sintesa
      Unit ini mengubah feed gas menjadi gas H2 dan N2 secara ekonomis dengan mengontakkan feed gas dengan steam dengan bantuan katalis pada suhu dan tekanan tertentu.

3.      Unit pemurnian gas sintesa (purifikasi)
       Proses ini terdiri atas dua step, yaitu : Carbon dioksida (CO2) removal dan methanor.

4.      Unit sintesa ammonia
    Proses ini adalah tahap paling penting dalam pembuatan ammonia. Gas sintesis yang telah mengandung H2 dan N2 serta bebas racun dan pengotor direaksikan untuk membentuk NH3. Ada 3 tahapannya, yaitu : Penekanan (compression), Sintesa ammonia, dan Ammonia storage tank.



5.      Pendinginan dan Pemurnian produk
6.      PGRU (purge gas recovery unit)
     Unit ini mengambil kembali NH3 dan H2 yang masih terkandung dalam purge gas. Purge gas yang berasal dari Pusri-II, Pusri-III dan Pusri-IB masuk ke PGRU di Pusri-IV. Purge gas yang masuk ke PGRU terbagi menjadi 2, yaitu High Pressure (HP) purge gas dan Low Pressure (LP) purge gas



0 Comments