Hydrogen Peroxide (Hidrogen Peroksida)

Hi readers,
Pada postingan kali ini aku akan membahas tentang “Hydrogen Peroxide (H2O2)”.
Chemical satu ini digunakan sebagai pemutih pada Industri Pulp. Kalian dapat membayangkan jika “dia” sangat berbahaya, jika Pulp dapat diputihkan dengan ini maka akan bagaimana kulit kita jika kontak dengan chemical satu ini.

Mari kita mulai JJ....



Jika untuk menentukan purity dari Hydrogen Peroxide, maka dapat menggunakan beberapa metode salah satunya yaitu Metode Permanganat, dimana menggunakan KMnO4 sebagai titran. Pada prosesnya, tidak ada indikator yang ditambahkan. Hal ini dikarenakan KMnO4 (Kalium Permanganat) dapat berfungsi sebagai indikator dirinya sendiri atau sering disebut dengan istilah Auto Indikator.

Kita akan lihat terlebih dahulu sifat-sifat umum dari Hydrogen Peroxide
-          Bentuk : Cairan
-          Warna   : Tidak berwarna, seperti air
-          Bau        : Menyengat
-          Flas Point : -
-          pH          : 1-3

Ketika dilihat dari sifatnya maka saat menanganinya , kita harus menggunakan peralatan safety, seperti sarung tangan dan masker.
Sedikit berbagi pengalaman, ketika pertama kali menanganinya saya tidak tahu jika dia berbahaya seperti itu maka saya tidak menggunakan sarung tangan dan saat itu saya tidak sengaja tersentuh tetesannya dan alhasil tangan saya menjadi warna putih dan tubuh saya serasa merinding setiap kali warna putih itu akan muncul karena dia terbentuk mengikuti jaringan pada garis-garis ditangan, alhamdulillahnya hanya sedikit dan jika dibilas dengan air secara terus menerus dan dibiarkan maka akan hilang dengan sendirinya. Maka dari itu hindari terkena kulit, mata dan pakaian. Serta jangan menghirup uap produk.

Sekarang saya akan membahas tentang identifikasi bahaya dari Hydrogen Peroxide :
Chemical ini bukanlah bahan yang mudah terbakar, tetapi keluarnya oksigen dapat memicu kebakaran pada bahan-bahan yang mudah terbakar dan dapat menyebabkan iritasi pada sisitem pernafasan. Tidak hanya itu, H2O2 memiliki bahaya dekomposisi  bila berhubungan dengan logam, alkali dan zat pereduksi dibwah pengaruh panas serta dapat menyebabkan bahaya peledakan dengan solvent organik.
Reaksi : Chemical ini adalah bahan pengoksidasi kuat dan reaktif. Dapat menimbulkan tekanan tinggi yang menyebabkan ledakan karena dekomposisi. Campuran dengan bahan organik juga dapat menyebabkan ledakan.
                Setelah penjabaran diatas, dapat diketahui juga bahwa H2O2 harus disimpan ditempat yang kering dan dingin serta diatas lantai tahan asam. Jangan disimpan bersama dengan zat-zat diatas yang dapat menyebabkan bahaya kebakaran, dekomposisi dan ledakan.

Saya hanya membagikan hal-hal yang saya ketahui, jika postingan masih belum lengkap silakan comment dibawah dan saya akan coba membantu menjawab J


0 Comments