Pengalaman Hidup di dalam Pengalaman Pekerjaan



Palembang, 17 September 2015...
Tepatnya di hari Kamis, hari ini merupakan salah satu moment bersejarah dalam hidupku,,
Untuk pertama kalinya aku menandatangani sebuah kontrak kerja, ini merupakan suatu kebanggan tersendiri buatku. Tepat tanggal 31 Agustus 2015 kemarin saya baru menyelesaikan pendidikan saya di Politeknik Negeri Sriwijaya sebagai Chemical Engineer. Bagi saya ini sebuah kado terindah buat kelulusan saya karena belum lama lulus saya sudah mendapatkan sebuah pekerjaan di perusahaan terbesar di Asia Tenggara dengan posisi Process Engineer bagian Laboratory (begitulah dalam kontraknya) J , yaaaaaaperusahaan ini dikenal dengan nama  PT. Oki Pulp and Paper. Pabrik ini sedang dalam pembangunan dan bisa dibilang saya berada pada angkatan pertama yang dalam artian saya akan berada pada kondisi dimana pabrik “Strat Up” untuk yang pertama kalinya, dan jujur bagi saya biar bagaimanapun ini akan menjadi pengalaman yang luar biasa bagi saya sebagai Fresh Graduate.
Saya mendapatkan pekerjaan ini di sebuah Job Fair yang diadakan Universitas Negeri di Palembang. Saat itu saya belum wisuda dan baru mendapatkan surat keterangan lulus karena telah melewati fase meneganagkan, yaitu sidang heheheee...
Untuk lebih jelas pengalamn saya yang pertama kalinya ikut Job Fair maupun melamar pekerjaan akan saya bagikan di postingan selanjutnya agar lebih banyak pengalaman yang akan saya bagi, siapa tau bisa membantu teman-teman sekalian..




Perawang, 18 September 2015
Tepatnya di hari Jum’at, hari ini saya tiba di kota kecil di Provinsi Riau yang akan memenuhi kertas putih kehidupanku untuk beberapa waktu,, yaaa bisa dibilang selama 6 bulan J.
Disini aku akan menjalankan sebuah Training karena pabrik tempat aku diterima belum selesai pembangunanya, maka kami di training disini ,, disini saya berada di PT. Indah Kiat Pulp and Paper, Tbk yang merupakan saudara dari PT. Oki Pulp and Paper dengan kata lain kami berada dalam satu atap yaitu Asia Pulp and Paper atau lebih dikenal dengan APP.
Kota kecil ini penuh akan suasana pedesaan, dimana masih banyak hutan-hutan dimana kadang kalanya aku bertemu dengan para monyet-monyet, burung-burung yang tidak pernah aku temui di Kotaku, tetapi aku suka suasana yang damai seperti ini karena bagiku suasana pedesaan yang damai, bersih, sejuk dan indah membuat hati ini menjadi tenang,, mungkin inilah jawaban Allah atas do’aku dikala aku ingin menikmati suasana desa untuk memanjakan hati ini ... Disini saya bertemu dengan keluarga baru dari berbagai penjuru, mulai dari sesama Palembang maupun Sumatera Selatan, Jogjakarta, Semarang, Lombok, Padang, Medan. Tidak hanya itu disini saya dapat bertemu dengan orang-orang Taiwan dan China sebagai atasan kami ....



Satu minggu berada disini udah berasa sebulan bagiku,, yaaa dikarenakan aku tidak pernah jauh dari kedua orangtuaku dengan kata lain ini pengalaman pertamaku merantau di kota orang hehehe.. Tapi memang sejak awal aku bertekad dan berkeinginan untuk bekerja diluar Palembang bahan berniat ingin kerja di pulau Jawa mungkin aku akan melanjutkan niatku ini nantinya, bagiku “Kesuksesan itu Didapat Ketika Kita berani Keluar dari zona Nyaman Kita dan Berusaha Berkarya serta Mencari Banyak Pengalaman Hingga Kemanapun” J
Walaupun demikian, aku tetap berjuang dan tetap melanjutkan kewajibanku disini. Setiap aku merasa sedih karena jauh dari orang tua dan sedikit mengeluhkan pekerjaan , aku langsung berpikir banyak orang-orang bahkan teman-temanku diluar sana yang masih mencari pekerjaan dan aku sadar bahwa mencari pekerjaan itu sangatlah sulit apalagi aku masih sebagai Fresh Graduate, maka inilah yang menguatkan aku walau jauh dari keluargaku di palembang ....
Pada saat menjalani training disini aku ditempatnkan di bagian RU-2, yaitu bagian Incoming raw Material. Aku sangat bersyukur ditempatkan di lingkungan orang-orang yang sangat welcome padaku dan Octa teman yang sekarang seperti saudaraku sendiri. Di bagian ini aku mendapat sosok keluarga baru yang sifat-sifat mereka hampir sama dengan keluargaku dirumah , entahlah mengapa sosok mereka sangat berbeda dari orang-orang yang ada di bagian lainnya, Aku snagat bersyukur kepada Allah SWT akan nikmat yang luar biasa ini JJJ ,,,
Kak Sri’ sama seperti K’tata yang ketika aku mengobrol bahkan hanya berbicara saja aku sudah merasa berkomunikasi dengan kakakku yang pertama.
Pak Ed, beliau merupakan sosok ayah bagiku, ia sama sperti Ayah suka melucu, mengayomi,tau kondisi anaknya dan baik hati.
Bang Fer, entah mengapa sosoknya sangat akrab, ketika bercerita bahkan diajarkannya aku berasa sedang bersama Abangku,yaaa Bang Yoga.
Jadi bagiku “Tempat Kerjaku adalah Rumahkuu” J



Di Kota Kecil ini banyak orang Padang dan juga Medan, sebagian kecilnya barulah orang Melayu karena dikota ini ada industri maka banyak orang rantauan,, Ohya, baru disini aku menemukan orang-orang yang berada dari kota yang terkenal kasar terlihat sangat lemah lembut walaupun hanya beberapa heheheee...
Disini makan sangatlah murah bagiku, bayangkan nasi bungkus mau apapun lauknya harga nya tetap Rp.10.000,- hahahahaha...So, disini yang mmebuatku abhagia adalah jelajah kulinernya, walaupun nih badan gak gemuk-gemuk tapi aku tetap memikirkan kesehatan, jika tidak makan bahkan terlambat saja aku bisa bisa aku rasanya mau pingsan menahan rasa sakit hahahaaa....
Walapun jauh dari orang tuaku aku harus selalu menjaga kesehatanku dan merawat tubuhku, aku tidak boleh menyusahkan orang lain karena aku sakit. Sudah tak terhitung berapa kali aku sakit disini, mungkin efek banyak pikiran yaaaaa karena kangen salah staunya ? hahahahaa ,, tapi kakak-kakakku yang menjadi keluarga baruku di Mess selalu mengertiku, menyayangiku dan perhatian padaku, mereka : Octa, Kak Mumuth, Kak Licot dan Kak Intan :* :*



Satu bulan, dua bulan, tiga bulan, empat bulan, lima bulan
Setelah aku menyadari kewajibanku dan tidak menghiraukan lagi semua keluhanku , waktu tidak terasa lagi berlalu begitu cepatnya ,,
Selama itu, aku memilik banyak pengalaman yang akan kubawa buat bekalku di Oki nantinya,
tidak hanya sebuah pelajaran dalam bidang pekerjaaan maupun ilmu pengetahuan tetapi juga pengalaman dalam artian pelajaran hidup.
Aku belajar tentang bagaimana caranya menghadapi seseorang yang “menjengkelkan”  di tempat kerja,
Menghargai waktu dan uang,
Bersabar menghadapi orang-orang yang tidak menyukai kita dalam artian yang suak mencela kita karena mereka iri,
Bertanggung jawab atas semua yang kita lakukan,
Belajar mengalah dan bekerja sama dengan rekan kerja,
Menyelesaikan masalah dengan mencari sebab kemudian menemukan solusi terbaiknya,
Menilai dan menaggapi  orang dari sikap dan wataknya,
Bersyukur atas apa yang dimiliki sekarang tanpa harus melihat ke atas dan mengeluh..
Masih banyak lagi pengalaman yang dapat aku ambil dari beberapa bulan terakhir ini yang tidak dapat aku jabarkan satu persatu J,,,



Sekarang aku tinggal menunggu keberangkatanku ke Oki/Baong Site dalam bulan ini dan paling lambat awal bulan depan ,,
Aku sudah tidak sabar lagi menjalankan tugas dan kewajibanku disana, yaaa rumahku sendiri dimana perusahaan yang telah mempercayaiku untuk menjadi bagian dari mereka dan tentunyaaa tidak sabar bertemu dengan keluarga besarku dan juga sahabat-sahabatkuuu :* :* ......


0 Comments